KODE IKLAN DFP 1 Panduan Tahap Cara Memelihara Ternak Kambing Etawa Untuk Pemula | Ruang Belajar siswa kelas 10

Panduan Tahap Cara Memelihara Ternak Kambing Etawa Untuk Pemula

KODE IKLAN 200x200
KODE IKLAN 336x280
Panduan Tahap cara memelihara ternak kambing etawa untuk pemula Panduan Tahap cara memelihara ternak kambing etawa untuk pemula
Panduan Tahap cara memelihara ternak kambing etawa untuk pemula Panduan Tahap cara memelihara ternak kambing etawa untuk pemula Panduan Tahap cara memelihara ternak kambing etawa untuk pemula

Kambing Etawa ialah salah satu jenis kambing terpopuler di Asia Tenggara yang berasal dari distrik Etawah (India).

Pada dasarnya memelihara ternak kambing etawa sama saja dengan kambing lokal lainnya. Pakan untuk kambing etawa juga terbilang sama dengan kambing lainnya.

Ternak kambing etawa sangatlah gampang dan tidak banyak hambatan asalkan bisa menjalankan tahapan-tahapan yang saya berikan dengan baik.

Beternak kambing etawa intinya hanya terdiri dari 3 aspek. Yakni pengadaan kambing, proteksi pakan dan pelaksanaan. Jika kita bisa melaksanakan semua hal tersebut dengan baik, maka proses ternak akan berjalan dengan baik. Proses-proses tersebut mempunyai tingkat kesulitan berbeda, tergantung pengalaman dan kondisi yang terjadi dikala itu.

Berikut adalah cara memelihara ternak kambing etawa untuk pemula

Proses pengadaan indukan/bibitan kambing etawa

Dalam proses pengadaan kambing lebih baik kita membeli indukan atau bibitan dari kelompok peternak yang sudah cukp terpercaya. Karena dengan melaksanakan itu kita bisa mengetahui track record dari kambing yang akan kita budidaya tersebut. Kambing yang manis untuk dipakai sebagai pejantan yaitu yang mempunyai punggung lurus/tidak bengkok, postur tubuh yang besar dan gagah, mempunyai kaki yang kokoh, memilki umur lebih dari 1,5 tahun serta tidak ada cacat. Sedangkan indukan kambing jenis etawa yang manis secara umum ialah kaki lurus, jinak, berputing dua buah, bertubuh proporsional dan simetri lurus, tumit cenderung tinggi dan juga sehat tanpa ada cacat.


Prosedur pelaksanaan ternak kambing etawa

Standar utama untuk sangkar bagi kambing etawa ialah kebutuhan akan sinar matahari yang cukup, bersih, sedikit jauh dari rumah, dan hawa angin sanggup keluar masuk dari ventilasi. Tujuan sangkar terkena sinar matahari yaitu untuk mencegah kotoran dan kuman yang cepat bertumbuh di lingkungan sekitar kandang.

Apabila kita kurang memperhatikan tingkat kebersihan dan contoh makan, dikhawatirkan kambing akan terserang cacingan dan terkena penyakit scabies/kudisan. Setelah memasuki masa panen, teruslah rawat kambing dan tingkatkan produksi serta budidaya. Karena semua bab dari kambing baik itu susu, daging, kotoran, dan kulitnya akan laris kalau dijual.

Biasanya dikala usia kambing lebih dari 1,5 tahun berat tubuh kambing sudah sulit untuk dinaikan lagi. Pada dikala itu, siasatilah penjualan dikala kambing sedang dalam masa naik daun. Dengan begitu kambing tetap bisa terjual dengan harga yang terbilang lumayan.


Proses perkawinan

Perkawinan ialah tahap lanjutan sesudah indukan didapatkan. Ketika dalam proses perawatan indukan sebaiknya berikan perawatan yang maksimal semoga sperma jantan sanggup lebih banyak dan sehat. begitu juga dengan indukan betina semoga sanggup membuahi sperma jantan dengan sempurna. Ketika proses perawatan berikanlah vitamin serta pakan komplemen yang bermutu.

Kambing betina yang sudah minta di kawinkan mempunyai tanda-tanda yang anda harus ketahui. Kambing betina akan beregerak secara gelisah, pada alat kelamin luarnya akan berubah agak membesar dan berwarna kemerah-merahan. Biasanya kambing betina yang sudah minta di kawinkan akan berkurang nafsu makannya dan ketika tubuhnya dinaiki pejantan si betina tidak akan memberontak.

Setelah ditemukan gejala-gejala yang telah di sebutkan maka langkah yang anda harus lakukan ialah menempatkan kambing jantan dan betina pada satu sangkar yang sama. Namun sebaiknya hal tersebut dilakukan ketika 12-20 jam sesudah ditemukan tanda-tanda kambing betina minta di kawinkan.

Masa Kelahiran Indukan

Kambing etawa betina yang telah hamil renta akan menerangkan tanda-tanda ibarat gelisah, nafsu makan berkurang, serta apabila diperhatikan kakinya sering menggaruk-garuk lantai. Tanda-tanda fisik pada kambing betina yang sedang hamil renta biasanya pada puting susu terlihat dan lebih besar dank eras bila dipegang, pada kelamin luar membengkak dan sedikit berlendir. Apabila alat kelamin luas telah mengeluarkan cairan maka sanggup dipastikan indukan akan segera melahirkan.

Dalam proses kelahiran bayi kambing, peternak harus mengambil tugas di dalamnya semoga proses melahirkan sanggup berjalan dengan lancar. Ketika kambing betina sudah ingin melahirkan peternak harus menyediakan lap kering untuk membersihkan cairan yang keluar ketika proses melahirkan. Air hangat juga harus disediakan untuk membersihkan lendir pada vulva atau kelamin luar.

Pada proses normal kambing etawa akan melahirkan 2-4 anak kambing. Sangat jarang kambing etawa melahirkan 1 anak kambing. Setelah kambing melahirkan, bersihkan darah dan lendir yang terdapat pada anak kambing dengan memakai lap yang telah di sediakan. Bertujuan semoga anak kambing sanggup bernafas dengan lancar.

Apabila anak kambing masih sulit bernafas, maka ada dua langkah yang harus dilakukan peternak semoga anak kambing tetap hidup. Langkah pertama, angkat kedua kaki anak kambing sampai kepalanya berada dibawah hal ini bertujuan semoga peredaran darah anak kambing sanggup lancar. Lalu langkah kedua masukkan jari kelingking kedalam lisan anak kambing untuk mengeluarkan lendir yang terdapat di dalamnya.

Masa Bonding

Masa Bonding atau masa jalinan ialah masa ketika indukan ingin mengenali anaknya. Biasanya indukan kambing akan menjilati anaknya ketika gres melahirkan. Namun ada dikala dimana indukan tidak menjilati anaknya dikarenakan proses kelahiran yang menyakitkan. Namun apabila hal tersebut terjadi tugas peternak sangat diperlukan semoga indukan sanggup dengan cepat mengenali anaknya.
Ketika lendir pada tubuh anak kambing final di bersihkan, letakkan anak kambing tepat di depan induknya. Ketika hal ini dilakukan indukan akan menciumi anaknya untuk mengenali amis anaknya. Dengan cara tersebut proses bonding akan lebih cepat berlangsung daripada membiarkan proses bonding berjalan secara alami.

Perawatan Anak Kambing

Ketika anak kambing dilahirkan biasanya sang induk sudah siap untuk menyusui anaknya. Namun apabila induk belum bisa menyusui anaknya dikarenakan fisik yang belum pulih pasca melahirkan peternak sanggup mengembangkan susu buatan untuk anak kambing. Susu kambing buatan terdiri dari adonan susu kambing murni, gula 1 Sdm, dan 1 butir telur aduh sampai rata dan beikan dengan memakai dot. Lakukan terus sampai indukan bisa menyusui anaknya.

Pemberian Pakan

Pakan kambing etawa sebetulnya sama saja dengan pakan jenis-jenis kambing lainnya. pakan di bagi menjadui dua yaitu pakan hijau dan konsentrat. Pakan hijau terdiri dari rumput hijau segar, daun dan sebagainya. Sedangkan pakan konsentrat sanggup ditambahkan untuk kebutuhan nutrisi kambing ibarat bekatul padi.

Rumput ialah salah satu pakan yang sangat penting untuk kambing. Konsumsi rumput sanggup menambahkan energi pada kambing semoga tidak gampang sakit. Jenis rumput yang dipakai biasanya rumput lapangan. Pakan ibarat dedak, batang kangkung, daun pepaya sanggup diberikan untuk menambah nutrisi kambing. Selanjutnya kacang-kacangan juga sanggup ditambahkan pada sajian makan kambing sebagai sumber protein yang tinggi untuk kambing.

Perkiraan Umur Kambing

Umur kambing sanggup diperkirakan dengan melihat gigi kambing yang telah tumbuh.
Ketika belum terdapat gigi permanen, kambing gres berumur kurang dari 12 bulan.
Satu pasang gigi permanen, usia 1-2 tahun
Dua pasang gigi permanen, usia 2-3 tahun
3 pasang gigi permanen, umur 3-4 tahun
Sudah lengkap gigi permanen, usia diatas 4 tahun


Demikian Panduan Tahap cara memelihara ternak kambing etawa untuk pemula 
KODE IKLAN 300x 250
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE IKLAN DFP 2
KODE IKLAN DFP 2