KODE IKLAN DFP 1 Cara Menciptakan Pakan Ayam Petelur Alternatif Sendiri Murah Lengkap | Ruang Belajar siswa kelas 10

Cara Menciptakan Pakan Ayam Petelur Alternatif Sendiri Murah Lengkap

KODE IKLAN 200x200
KODE IKLAN 336x280
Cara Membuat Pakan Ayam Petelur Alternatif Sendiri Murah Lengkap Cara Membuat Pakan Ayam Petelur Alternatif Sendiri Murah Lengkap
Cara Membuat Pakan Ayam Petelur Alternatif Sendiri Murah Lengkap Cara Membuat Pakan Ayam Petelur Alternatif Sendiri Murah Lengkap Cara Membuat Pakan Ayam Petelur Alternatif Sendiri Murah Lengkap

Ayam petelur yakni ayam-ayam betina terpelajar balig cukup akal yang dipelihara secara khusus untuk diambil telurnya.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa ayam ras petelur merupakan strain unggul yang mempunyai daya produktifitas yang tinggi, baik jumlah maupun bobot telurnya sehingga apabila diusahakan sanggup menunjukkan laba kepada masyarakat (Prihatman, 2000).

Telur merupakan materi pangan yang sempurna, lantaran mengandung zat-zat gizi yang
lengkap bagi pertumbuhan makhluk hidup.

Keunggulan telur sebagai produk peternakan yang kaya gizi juga mempunyai suatu hambatan lantaran termasuk materi pangan yang gampang rusak.

Kerusakannya sanggup berupa kerusakan fisik, kerusakan kimia, dan kerusakan yang disebabkan
oleh serangan mikroba melalui pori-pori kerabang telur.

Pakan ayam petelur merupakan salah salah satu cara untuk meningkatkan hasil produktivitas telur dengan baik dan maksimal.

Pakan ayam petelur memang sangat bermacam-macam dan juga bervariasi mulai dari jagung halus dan kasar, br ayam, makanan limbah rumah tangga dan industri serta lainnya.

Pakan ayam petelur ini memang sangat bermacam-macam dan bervariasi tetapi mempunyai kandungan yang sangat berbeda – beda juga, serta mempunyai harga jual yang sangat jauh lebih tinggi di bandingkan dengan pakan pada biasanya.

Untuk mengatasi permasalahan ini peternak harus menciptakan komposisi pakan, menciptakan cara alternatif untuk pakan ayam petelur hal ini bertujuan untuk memproleh laba yang jauh lebih tinggi di bandingkan dengan biasanya.

 Berikut cara menciptakan pakan alternatif ayam petelur dengan gampang dan sederhana dilakukan.

 Jagung

Jagung merupakan sumber energi dan pakan yang baik untuk ayam lantaran jagung kaya akan sumber energi, tidak terdapat zat amilopektin. serta mengandung banyak pati dalam bentuk amilopektin. Namun jagung mempunyai kandungan protein yang rendah serta kandungan lisin rendah dan kandungan metionin yang cukup tinggi. Untuk mengatasi kekurangan kandungan jagung maka dalam donasi pakan, jagung harus dicampur dengan bungkil kedelai untuk mengatasi kekurangan amino dari jagung.

Dalam menentukan jagung, gunakanlah jagung kuning lantaran mempunyai pigmen kuning atau xantifil rata-rata 5 ppm dan karotin 0.05 ppm. Namun dalam menentukan jagung, pilihlah jagung renta yang menurut umur panennya lantaran kandungan energinya lebih banyak daripada jagung yang mempunyai umur panen muda. Selain itu cermatilah dalam menentukan pakan jagung, jangan pilih jagung yang terdapat gejala adanya jamur lantaran sanggup mengakibatkan terganggunya metabolisme ayak lantaran adanya kandungan mitotoksin yang diakibatkan oleh jamur. Penggunaan jagung dalam ransum maksimal sebanyak 70%.

Dedak Padi

Dedak yakni materi pakan ternak yang diperoleh dari proses penggilingan padi menjadi beras. Dedak sangat sering dipakai oleh peternak lantaran di dalam dedak terkandung sumber energi dan asam amino yang sangat baik bagi unggas, namun keseimbangan aminonya kurang baik. Selain itu dedak juga mengandung serat bergairah yang baik untuk pakan ayam muda. Namun kandungan kadar lemak yang tinggi akan menciptakan dedak berbau tengik apabila disimpan terlalu lama. Penggunaan dedak padi dalam ransum antara 10-25% tergantung dari umur ayam.

Kualitas pada dedak padi harus diperiksa apa lagi kalau untuk pakan ayam petelur lantaran kalau kualitasnya jelek akan mengakibatkan ayam terganggu metabolismenya. Dedak yang berkualitas yakni dedak yang tak terdapat gabungan kapur dan sekam. Hal ini sanggup dibuktikan dengan cara mengukur kepadatan dedak. Kepadatan dedak yang berkualitas mempunyai kepadatan 417 kg/m3.

Sorgum

Sorgum merupakan sumber energi sehingga banyak dipakai sebagai materi baku pembuatan pakan ayam petelur. Di indonesia, potensi sorgum kurang baik lantaran hanya terdapat di kawasan tertentu saja. Kandungan protein sorgum lebih tinggi dari jagung dan mengandung sedikit xantifil (1,5 ppm). Kombinasi sorgum dengan bungkil kedele akan menghasilkan perhiasan metionin dan lisin dengan baik. Sorgum mempunyai zat antinutrisi yaitu tanin. Kandungan tanin sorgum sangat bervariasi, mulai dari 0,09-5,374%. Penggunaan dalam ransum 40-50% tergantung umur.

Singkong

Singkong merupakan materi pakan yang baik untuk ayam lantaran kaya sumber energi yang hampir sama dengan jagung. Namun kandungan protein dalam singkong sangat rendah hanya sekitar 1-2% saja. Untuk menjadikan singkong sebagai pakan alternatif untuk ayam petelur anda maka singkong sebaiknya diolah terlebih dahulu menjadi gaplek untuk mengurangi zat antinutriennya. Gaplek sangat baik untuk dijadikan sumber energi bagi ayam petelur pada pemakaian ransum sebaiknnya kurang dari 20%.

Tepung Bekicot

Bekicot sanggup dipakai menjadi materi pakan yang kaya sumber protein untuk ayam. Penggunaan tepung bekicot dalam keadaan mentah hanya sebanyak 10%. Tetapi, apabila diolah dengan terlebih dahulu dengan merebusnya selama 15 menit dan ditambahkan larutan garam maka penggunaan tepung bekicot sanggup ditambah sampai 20% pemakaian. Cara mengolah tepung bekicot sangat mudah, simak cara-caranya berikut.

Tepung bekicot mentah: Bekicot dibersihkan dan kemudian dikeringkan.
Tepung bekicot rebus: Bekicot dibersihkan dan dilepas dari cangkang serta isi perut dibersihkan kemudian direbus selama 15 menit, sesudah itu bekicot digiling.
Tepung bekicot rebus dengan larutan garam: Pertama-tama rebus bekicot dengan garam selama 15 menit. Pembuatan larutan garam dibentuk dengan cara melarutkan 1 kg garam pada 20 liter air untuk 59 kg bekicot.

Minyak dan Lemak

Minyak/lemak merupakan materi baku pakan sumber energi dan tidak mengandung karbohidrat, protein, mineral dan vitamin. Minyak/lemak dipakai dalam ransum yang membutuhkan energi tinggi. Selain sebagai materi pakan sumber energi, penggunaan minyak/lemak sanggup meningkatkan efisiensi pakan, mengurangi pakan berdebu serta memperbaiki warna, palatabilitas dan tekstur ransum. Berbagai sumber minyak yang sanggup dipakai dalam ransum antara lain minyak kelapa, minyak sawit, dan minyak ikan yang mengandung energi metabolis masing-masing 7.000, 7.200 dan 8.600 kkal/kg. Penggunaan maksimal minyak dalam pakan  sekitar 1-4%.

Ampas Kecap

Ampas kecap yakni sisa dari proses pembuatan kecap yang berbahan baku dari kedelai. Pemakaian ampas kecap pada ransum sanggup mencapai 5%.

Kulit Buah Kopi

Kulit buah kopi yakni hasil sisa dari pengolahan kopi yang sanggup dijadikan sebagai materi baku pakan ayam petelur.


Bahan – bahan

Jagung giling atau tidak
Bekatul
Tepun ikan
Kacang tanah
Sorgum
Singkong
Dedak padi
Ampas tahu
Ampas kelapa
Ampas kedelai
Dan limbah pertanian dan rumah tangga

Peralatan yang di gunakan

Plastik
Terpal
Pengaduk
Ragi ( kalau dipelukan )
Air secukupnya
Dan juga lainnya

Cara menciptakan pakan alternatif ayam petelur

Membuat pakan alternatif ayam petelur ini sebetulnya sangat gampang dan sederhana, namun butuh waktu yang tidak mengecewakan lama. Hal ini sanggup dilakukan dengan cara antara lainnya.

Lakukan penjemuran materi – materi yang ingin di giling dan juga di campurkan selama 1-2 ahad sampai kering.

Melakukan pengabungan materi yang akan di pilh diatas, dengan cara mengaduknya sampai merata. Jika ingin merata dan tergabung dengan baik sebaiknya memakai mesin penghalus dengan baik.
Setelah tercampur dengan baik, lakukan penjemuran dengan maksimal sekitar 1-2 hari untuk menghasil tingkat kekeringan yang tinggi.

Dalam penjemuran ini membutuhkan terpal dengan mengelarnya terik matahari bertujuan untuk menjemur materi biar cepat kering dengan maksimal
Setelah kering lakukan penuangan di bejana plastik sampai tergabung kembali dan juga lakukan donasi perhiasan tambahan untuk mempercepat pertumbuhan ayam petelur dan meningkatkan produktivitas telur.

Setelah selasai, lakukan pemisahan di wadah yang sudah di tentukan dan juga lakukan donasi pakan dengan baik

Dalam donasi pakan ini sebaiknya menunjukkan air sekupunya dan lakukan pengadukan sebelum donasi pakan tersebut.

Cara donasi pakan ayam petelur

Pemberian pakan dengan materi alternatif ini memang sangat jauh berbeda pada pakan biasanya.
Pemberian pakan ini di berikan ½ – ¼ kg pertempat pakan dengan ukuran sedang.
Pemberian pakan ini dilakukan dua kali dalam sehari dengan menambahkan air secukupnya
Pemberian pakan ini dengan cara mengaduk materi yang sudah di giling dan mencampurkan air secukupnya sampai merata.
Pemberian pakan ini diberi pada pagi dan sore hari

Demikian Cara Membuat Pakan Ayam Petelur Alternatif Sendiri Murah Lengkap
KODE IKLAN 300x 250
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE IKLAN DFP 2
KODE IKLAN DFP 2