KODE IKLAN DFP 1 Keunikan Sejarah Rumah Sopan Santun Tradisional Joglo Jawa Tengah | Ruang Belajar siswa kelas 10

Keunikan Sejarah Rumah Sopan Santun Tradisional Joglo Jawa Tengah

KODE IKLAN 200x200
KODE IKLAN 336x280
Keunikan Sejarah Rumah Adat tradisional Joglo Jawa Tengah Keunikan Sejarah Rumah Adat tradisional Joglo Jawa Tengah
Keunikan Sejarah Rumah Adat tradisional Joglo Jawa Tengah Keunikan Sejarah Rumah Adat tradisional Joglo Jawa Tengah Keunikan Sejarah Rumah Adat tradisional Joglo Jawa Tengah

Rumah joglo yaitu rumah tradisional Jawa yang terbuat dari kayu  jati dan terdiri dari soko guru berupa empat tiang utama penyangga struktur bangunan serta tumpang sari yang berupa susunan balok yang disangga soko guru.

Pada umumnya, rumah joglo hanya dimiliki oleh orang-orang yang berkemampuan materilebih. Selain alasannya yaitu rumah joglo membutuhkan materi material yang banyak dan mahal, pemilik rumah joglo juga merupakan pelambang sosial di masyarakat.

Pemilik rumah joglo dimasyarakat Jawa pada umumnya yaitu dari kalangan darah biru Atap joglo berbentuk tajug, semacam atap piramidal yang mengacu  pada bentuk gunung. Dari sinilah nama joglo tersebut muncul. Istilah  joglo berasal dari dua kata, 'tajug' dan 'loro' yang bermakna  'penggabungan dua tajug'.

Sejarah Rumah Adat Joglo Jawa tengah

Pada kurun 16 sehabis runtuhnya kerajaan Majapahit Hindu, kerajaan Islam muncul di Demak, semenjak itulah Agama Islam disebarkan di Jawa Tengah. Setelah kerajaan Demak runtuh, joko Tingkir anak menantu Raja Demak memindahkan kerajaan Demak ke Pajang. Dan menyatakan diri sebagai Raja Kerajaan Pajang dan bergelar Sultan Adiwijaya. Selama pemerintahannya terjadi kerusuhan dan pemberontakan. Perang yang paling besar yaitu antara Sultan Adiwijaya melawan Aryo Penangsang. Sultan Adiwijaya menugaskan Danang Sutowijaya untuk menumpas pemberontakan Aryo Penangsang dan berhasil membunuh Aryo Penangsang. Dikarenakan jasanya yang besar kepada Kerajaan Pajang, Sultan Adiwijaya memperlihatkan hadiah tanah Mataram kepada Sutowijaya. Setelah Pajang runtuh ia menjadi Raja Mataram Islam pertama di Jawa Tengah dan bergelar Panembahan Senopati.

Di pertengahan kurun 16 bangsa Portugis dan Spanyol tiba ke Indonesia dalam perjuangan mencari rempah-rempah yang akan diperdagangkan di Eropa. Pada ketika yang sama, bangsa Inggris dan lalu bangsa Belanda tiba ke Indonesia juga. Dengan VOC-nya bangsa Belanda menindas bangsa Indonesia termasuk rakyat Jawa Tengah baik dibidang politik maupun ekonomi.

Di awal kurun 18 Kerajaan Mataram diperintah oleh Sri Sunan Pakubuwono II, sehabis ia wafat muncul perselisihan diantara keluarga raja yang ingin menentukan raja baru. Perselisihan bertambah keruh sehabis adanya campur tangan pemerintah Kolonial Belanda pada perselisihan keluarga raja tersebut. Pertikaian ini hasilnya diselesaikan dengan Perjanjian Gianti tahun 1755.

Kerajaan Mataram terbagi menjadi dua kerajaan yang lebih kecil yaitu Surakarta Hadiningrat atau Kraton Kasunanan di Surakarta dan Ngayogyakarta Hadiningrat atau Kraton Kasultanan di Yogyakarta.

Struktur Bangunan Rumah Joglo

Bangunan joglo banyak dijumpai pada arsitektur Jawa Tengah. Joglo merupakan rumah kerangka bangunan utama dari rumah tradisional Jawa,

Atap joglo ditopang oleh empat tiang utama yang disebut Soko Guru merupakan filosofi dari adanya kekuatan yang dipercaya berasal dari empat penjuru mata angin. Berdasarkan konsep spiritual ini, insan berada di  tengah perpotongan keempat arah mata angin tersebut. Suatu daerah yang  konon mengandung getaran magis tingkat tinggi. Titik perpotongan ini  disebut juga sebagai Pancer atau Manunggaling Kiblat Papat.

Ada tiga bab dalam susunan rumah joglo.  Pertama yaitu ruang pertemuan yang disebut pendapa. Kedua yaitu ruang  tengah yang disebut pringgitan dan ketiga yaitu ruang belakang (dalem)  yang berfungsi sebagai ruang keluarga.

Pendapa Rumah Joglo

Pendapa ini terletak di depan. Dibuatnya  tanpa dinding, alasannya yaitu berkaitan dengan huruf orang Jawa yang ramah  dan terbuka. Ruangan mendapatkan tamu ini biasanya tidak diberi meja  ataupun kursi, hanya tikar yang digelar semoga antara tamu dan tuan rumah  sanggup berbicara dalam kesetaraan.

Pringgitan Rumah Joglo

Bagian pringgitan yaitu daerah dimana  pemilik rumah menyimbolkan diri sebagai bayang-bayang Dewi Sri. Dewi  padi ini dianggap sebagai sumber segala kehidupan, kesuburan dan  kebahagiaan. Terletak antara pendapa dan dalem, pringgitan digunakan  sebagai daerah untuk menggelar pertunjukan wayang yang berkaitan dengan  upacara ruwatan adat.

Dalem atau Ruang Utama Rumah Joglo

Dalem yaitu bab yang digunakan sebagai daerah tinggal keluarga. Di dalamnya ada beberapa kamar yang disebut senthong.

Jaman dulu, senthong hanya dibuat  sejumlah tiga bilik saja. Kamar pertama diperuntukkan untuk para lelaki,  kamar kedua dikosongkan dan kamar ketiga digunakan oleh para perempuan.

Kamar kedua yang kosong ini tetap diisi  dengan daerah tidur lengkap dengan segala perlengkapannya. Disebut  krobongan, ruangan kosong ini digunakan untuk menyimpan pusaka dan sebagai  ruang pemujaan terhadap Dewi Sri. Inilah bab rumah yang dianggap  paling suci.

Rumah tradisional jawa terbagi menjadi dua bagian, yakni rumah induk dan rumah perhiasan Rumah Induk terdiri dari beberapa bab sebagai berikut :

1.Pendapa / Pendopo

Bagian ini terletak di depan rumah. Biasanya digunakan untuk acara formal, menyerupai pertemuan, daerah pagelaran seni wayang kulit dan tari-tarian, serta upacara adat. Ruang ini memperlihatkan perilaku dekat dan terbuka, meskipun begitu Pendopo seringkali dibentuk megah dan berwibawa

2.Pringitan.

Bagian ini terletak antara pendapa dan rumah dalam (omah njero). Selain digunakan untuk jalan masuk, lorong juga kerap digunakan sebagai daerah pertunjukan wayang kulit. Bentuk dari pringitan menyerupai serambi berbentuk tiga persegi dan menghadap ke arah pendopo

3. Emperan.

Ini yaitu penghubung antara pringitan dan umah njero. Bisa juga dikatakan sebagai teras depan alasannya yaitu lebarnya sekitar 2 meter. Emperan digunakan untuk mendapatkan tamu, daerah bersantai, dan kegiatan publik lainnya. Pada emperan biasanya terdapat sepasang dingklik kayu dan meja.

4. Omah njero.

Bagian ini sering pula disebut omah mburi, dalem ageng, atau omah saja.  Kadang disebut juga sebagai omah-mburi, dalem ageng atau omah. Kata omah dalam masyarakat Jawa juga digunakan sebagai istilah yang meliputi arti kedomestikan, yaitu sebagai sebuah unit daerah tinggal.

5. Senthong-kiwa.

Berada di sebelah kanan dan terdiri dari beberapa ruangan. Ada yang berfungsi sebagai kamar tidur, gudang, daerah menyimpaan persediaan makanan, dan lain sebagainya.

6. Senthong tengah.

Bagian ini terletak ditengah bab dalam. Sering juga disebut pedaringan, boma, atau krobongan. Sesuai dengan letaknya yang berada jauh di dalam rumah, bab ini berfungsi sebagai daerah menyimpan benda-benda berharga, menyerupai harta keluarga atau pusaka semacam keris, dan lain sebagainya

7. Senthong-tengen.

Bagian ini sama menyerupai Senthong kiwa, baik fungsinya maupun pembagian ruangannya.

8. Gandhok.

Merupakan bangunan perhiasan yang letaknya mengitari sisi belakang dan samping bangunan inti.Sejak kurun ke 7, banyak terdapat pemerintahan kerajaan yang berdiri di Jawa Tengah, yaitu: K

Rumah Adat

Berdasarkan sejarah, perkembangan bentuk rumah tinggal orang jawa sanggup dikategorikan menjadi 4 macam yaitu rumah tradisional:

*bentuk Panggangpe
*bentuk Kampung
*bentuk Limasan
*bentuk Joglo

Dibanding bentuk lainnya, rumah bentuk joglo lebih dikenal masyarakat pada umumnya.

Rumah Joglo kebanyakan hanya dimiliki oleh mereka yang mampu. alasannya yaitu rumah joglo butuh materi lebih banyak dan mahal ketimbang rumah bentuk lain. Masyarakat jawa dulu menganggap bahwa rumah joglo dihentikan dimiliki oleh sembarang orang, oleh orang kebanyakan, tapi hanya diperkenankan bagi kaum bangsawan, raja, dan pangeran, serta mereka yang terhormat dan terpandang. Namun cukup umur ini rumah joglo digunakan pula oleh segenap lapisan masyarakat dan juga untuk aneka macam fungsi lain, menyerupai gedung pertemuan serta perkantoran.

Jenis-jenis Rumah Joglo

Joglo Limasan Lawakan (Joglo Lawakan)
Joglo Sinom
Joglo Jompongan
Joglo Pangrawit
Joglo Mangkurat
Joglo Hageng
Joglo Semar Tinandhu
Joglo Kudus
Joglo Jepara, dan
Joglo Pati

Penyebaran rumah joglo yaitu di Jawa Tengah dan Jawa Timur, namun bangunan ini juga banyak ditemukan di Madura dan bali.

Demikian Keunikan Sejarah Rumah Adat tradisional Joglo Jawa Tengah
KODE IKLAN 300x 250
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE IKLAN DFP 2
KODE IKLAN DFP 2