KODE IKLAN DFP 1 Waktu-Waktu Doa Mustajab Dan Doa Orang Yang Cepat Dikabulkan Oleh Allah Swt | Ruang Belajar siswa kelas 10

Waktu-Waktu Doa Mustajab Dan Doa Orang Yang Cepat Dikabulkan Oleh Allah Swt

KODE IKLAN 200x200
KODE IKLAN 336x280
Waktu Doa Mustajab dan Doa Orang Yang Cepat dikabulkan Oleh Tuhan SWT Waktu-Waktu Doa Mustajab dan Doa Orang Yang Cepat dikabulkan Oleh Tuhan SWT
Waktu-Waktu Doa Mustajab dan Doa Orang Yang Cepat dikabulkan Oleh Tuhan SWT  Waktu Doa Mustajab dan Doa Orang Yang Cepat dikabulkan Oleh Tuhan SWT Waktu-Waktu Doa Mustajab dan Doa Orang Yang Cepat dikabulkan Oleh Tuhan SWT

Doa ialah kewajiban bagi seorang muslim insan kareaba dengan cara berdoa sanggup memberikan  ketenangan dan mendekatkan diri kepada Tuhan SWT .
Seperti pada firman Alloh yg berbunyi :

” Wahai manusia, selagi engkau berdoa dan berharap kepada-ku, saya mengampuni dosamu dan tidak saya pedulikan lagi dosamu ( HR At Tirmidzi )”.

Maka bila usai selesai melakukan Sholat baik itu sholat fardhu 5 waktu maupun sholat sunnah berdoalah kepada Tuhan SWT dan meminta kebaikan dunia dan alam abadi , bila kita mengabaikan berdoa setiap selesai sholat maka kita termasuk golongan orang sombong.

Seperti firman Alloh yg berbunyi : ” Berdoalah kepadaku, pasti akan kuperkenankan bagimu bersama-sama orang – orang yg menyombongkan diri dari menyembahku akan masuk neraka jahanam dalam keadaan hina dina”..

Semua Doa pasti akan dikabulkan oleh Tuhan SWT, kita tidak perlu ragu dan putus ada bila doa belum terkabul, itu semua Tuhan Maha Mengetahui Apa yang diharapkan oleh Hambanya, makanya doa itu ada yang cepat dikabulkan ada juga yang di kabulkan dalam waktu yang lama, ada yang di simpan hingga dikabulkan nanti di alam abadi kelak.

Doa Mustajab ialah sebuah doa yang lebih cepat dikabulkan oleh Tuhan SWT .
Doa Mustajab merupakan Doa yang dipanjatkan oleh hambanya tidak ada yang terlewatkan dan selalu didengar oleh Tuhan SWT, tetap ada beberapa doa yang menjadi prioritas oleh Tuhan SWT untuk dikabulkan terlebih dahulu.

عن أبي هريرة -رضي الله عنه- قال قال رسول الله -صلى الله عليه وسلم-: “ليس شيء أكرم على الله من الدعاء

Artinya : Dari Abu Hurairah RA, berkata : “Rasulullah SAW” bersabda :”Tidak ada sesuatu yang lebih mulia bagi Tuhan SWT selain doa. (H.R. Tirmidzi)

Ada beberapa jenis doa yang dinilai cukup mustajab yang akan dikabulkan oleh Tuhan SWT

1. Doa seorang ibu untuk Anak-anaknya.

Doa yang dipanjatkan seorang ibu atas anaknya mempunyai kekuatan dikabulakn doanya lebih besar bila dibandingkan oleh doa yang dipanjatkan lainnya.
Tak heran bagi seorang anak yang hendak bekerja atau hendak mempunyai urusan tertentu seringkali meminta doa kepada sang ibu biar semuanya menjadi lancar.
Hal ini lantaran doa seorang ibu termasuk ke dalam salah satu doa mustajab yang kemungkinan untuk segera dikabulkan oleh Tuhan sangat besar. Oleh lantaran itu berusahalah untuk menyenangkan ibu dan  membahagiakan ibu

2. Doa muslim untuk saudara yang jauh

Ada sebuah hadist shahih yang menyampaikan bahwa Rasulullah bersabda bahwa sebuah doa yang dipanjatkan seorang Muslim untuk saudaranya yang sedang tidak berada di hadapannya akan diamini oleh malaikat. Doa yang kita panjatkan sebagai umat Muslim kepada Tuhan yang berisi mengenai kebaikan-kebaikan yang hendaknya dilimpahkan kepada saudara dan saudari sesama Muslim yang berada jauh dari kita

3. Doa pada ketika berpuasa

sabda Rasulullah SAW
 bahwa ada tiga macam doa yang diijabahi atau mustajab ialah doa orang bau tanah terhadap anaknya, doa orang yang sedang menahan hawa nafsu atau berpuasa dan juga doa seorang musafir. Hal ini tentunya menguatkan ibadah puasa bahwa berpuasa dalam Islam merupakan salah satu ibadah yang sungguh dimuliakan.



4. Doa orang yang sedang kesulitan

Tuhan telah berfirman dalam surat An-Nami pada ayat 62  bahwa orang-orang yang terpaksa mempunyai doa yang lebih mustajab dan diijabahi. Doa mustajab yang disampaikan oleh orang-orang yang sedang berada dalam kesulitan itu sanggup diartikan sebagai orang-orang yang berada dalam sakit, hidup yang serba kekurangan atau sedang tertimpa musibah.

5. Doa orang yang teraniaya dan terdzolimi

Doa yang lahir dari ekspresi dan hati seseorang yang berada dalam keadaan teraniaya dan terdzolimi. Dengan kata lain orang yang sedang teraniaya, doanya akan lebih didengar oleh Allah. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda bahwa takutlah kita kepada orang-orang yang sedang dalam keadaan teraniaya lantaran doa merekalah akan dikabulkan.

6. Doa yang di Waktu Pertengahan Malam Terakhir

Seperti pada Firman Alloh yg berbunyi : ” Sesungguh-nya Rabb kami yg maha berkah lagi maha tinggi turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga malam tamat malam kemudian berfirman : ” Barang siapa yg berdoa, maka akan ku kabulkan, barang siapa yg memohon pasti ku akan perkenankan dan barang siapa yg meminta ampun, pasti saya mengampuni-nya ( HR. Bukhari) “.

7. Waktu Setalah Sholat Wajib

Syaikh bin Baaz berkata. ” Kata Duburush shalat sanggup berarti tamat shalat, tetapi sebelum salam, jg sanggup berarti sehabis salam. Banyak sekalii hadist2 yg memperlihatkan kpd dua pengertian itu, Namun kebanyakan hadits2 itu memperlihatkan bahwa yg dimaksud adlah tamat Sholat, tetapi sebelum salam lantaran hal itu adda kaitan-nya dg Doa “.

 8. Waktu Malam Lailatul Qadar

Dlm Surat Al-Qur’an menjelaskan bahwa” Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan . Pd Malam ittu turun malaikat – malaikat dan malaikat Jibril dg izin tuhan-nya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh kesejahteraan sampaii terbit-nya fajar (QS. Al-Qadr: 3-4)”.

9. Waktu Antara Adzan dan Iqamah,

” Doa tidak akan ditolak antara Adzan dan Iqamah” ( HR. – Abu daud )”.

10. Waktu Pada Saat Turun Hujan, ” Dua Doa yg tidak pernah ditolak : Doa Pd Waktu Adzan dan doa pd waktu hujan ” (HR. Hakim).

11. Waktu pada Saat Jihad Fii Sabilillah,
 ” Ada 2 (dua doa yg tidak bertolak / jarang tertolak yaitu pd ketika Adzan dan Doa ketika perang berkecamuk ” (HR. Abu Daud).

12. Waktu pada Saat Hari Jum’at

“Sesungguh-nya pd hari Jum’at ada satu ketika yg tidak bertepatan seorang hamba muslim sholat dan memohon sesuatu kebaikan kpd Alloh melainkan akan diberikan kpd-nya dan dia bersyaratt dg tangan-nya akan sedikitnya waktu tersebut ( HR. Bukhari)”. Tetapi dimungkinkan jg bahwa yg dimaksudkan adlh waktu antara Khutbah dan Shalat.

13. Ketika Bersujud dalam Sholat

” Adapun pd waktu sujud, maka bersungguh – sungguhlah berdoa alasannya pd ketika itu sangat sempurna untuk dikabulkan (HR. Muslim)”.

14. Waktu Tidur dalam Keadaan Suci

Saat kita tidur dlm keadaan suci kemudian berdiri pd malam hari kemudian membaca doa yg ma’tsur (Doa yg tiba darii Nabi Muhammad Saw), ” Tidaklah seseorang hamba tiidur dlm keada’an suci kemudian terbangun pd malam hari kemudian memohon sesuatu ihwal urusan duniat atau akherat melainkan Alloh akan mengabulkan-nya ( HR. Ibnu Majah)”..

15. Doa setelah berwudhu

16. Doa pada ketika Bulan Ramadhan

17. Doa Pemimpin yang adil

18. Doa anak yg Sholeh kpd kedua orang tuanya

19. Doa pada hari Arafah di Arafah

20.Doa dalam keadaan Musafir / perjalanan

Demikian Waktu -Waktu Doa Mustajab Yang Cepat Kabulkan Oleh Tuhan SWT . Berdoalah dengan baik, memohon kesejahteraan dan kebaikan tentunya akan lebih mulia daripada berdoa dan memohon suatu keburukan kepada Tuhan SWT

KODE IKLAN 300x 250
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE IKLAN DFP 2
KODE IKLAN DFP 2