KODE IKLAN DFP 1 Keunikan Rumah Budpekerti Tradisional Baileo Maluku Dan Maluku Utara | Ruang Belajar siswa kelas 10

Keunikan Rumah Budpekerti Tradisional Baileo Maluku Dan Maluku Utara

KODE IKLAN 200x200
KODE IKLAN 336x280
Keunikan Rumah Adat Tradisional Baileo Maluku dan Maluku Utara Keunikan Rumah Adat Tradisional Baileo Maluku dan Maluku Utara
Keunikan Rumah Adat Tradisional Baileo Maluku dan Maluku Utara Keunikan Rumah Adat Tradisional Baileo Maluku dan Maluku Utara Keunikan Rumah Adat Tradisional Baileo Maluku dan Maluku Utara

Rumah Baileo artinya yaitu balai. Pengambilan nama balai atau Baileo ini diadaptasi alasannya rumah etika Baileo ini dibangun dan dipakai oleh penduduk setempat sebagai daerah pertemuan dan bermusyawarah dengan dewan etika penduduk setempat dan bukan sebagai hunian penduduk.

Selain itu rumah etika Baileo ini juga dipakai untuk menggelar program etika dan sebagai daerah penyimpanan benda antik dan keramat menyerupai benda pusaka dan senjata peninggalan leluhur

Rumah Baileo yaitu Rumah Panggung etika Maluku Ambon dan Maluku Utara yang merepresentasikan kebudayaan Maluku dan mempunyai fungsi yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat Ambon Maluku. Rumah Adat Baileo berfungsi sebagai daerah penyimpanan benda-benda suci, daerah upacara adat, sekaligus sebagai balai warga. Ciri utama rumah Baileo yaitu ukurannya besar, dan mempunyai bentuk yang berbeda kalau dibandingkan dengan rumah-rumah lain di sekitarnya.

Arsitektur dan Konstruksi

Bentuk ornamen atau hiasan di rumah etika Baileo memiliki relasi dengan etika istiadat dan kehidupan sehari-hari masyarakat Maluku. Rumah Adat Baileo dibentuk dengan materi yang kuat, dan dilengkapi dengan ornamen khas Maluku.

Rumah Baileo tak berdinding, hal ini dimaksudkan semoga roh nenek moyang sanggup leluasa masuk dan keluar rumah Baileo. Rumah Baileo merupakan rumah panggung mempunyai Lantai yang tinggi yang bermaksud bahwa semoga roh-roh nenek moyang memilii daerah dan derajat yang tinggi dibandingkan masyarakat.

Di rumah etika Baileo terdapat banyak goresan dan ornamen yang bergambar dua ekor ayam yang berhadapan dan diapit oleh dua ekor anjing di sebelah kiri dan kanan. Ukiran tersebut mempunyai makna kedamaian dan kemakmuran

Ukiran tersebut dibentuk dengan maksud roh nenek moyang yang menjaga kehidupan masyarakat Ukiran lainnya yaitu bulan, bintang, dan matahari yang berada di atap dengan warna merah, kuning, dan hitam.

Ukiran tersebut bermakna kesiapan Baileo (sebagai balai) dalam menjaga keutuhan etika beserta aturan adatnya

Rumah Baileo mempunyai Ciri Khas dan Nilai Filosofis yang membedakan dengan rumah etika lain.

1.Di depan pintu sempurna di muka pintu rumah terdapat kerikil pamali yang menerangkan bahwa rumah itu yaitu balai adat. Batu pamalai merupakan daerah untuk menyimpan sesaji.

2.Balai etika ini merupakan bangunan induk anjungan. Tiang-tiang yang menyangga rumah berjumlah sembilan yang berada di bab depan & belakang serta lima tiang di sisi kanan & kiri yaitu lambang Siwa Lima. Siwa Lima yaitu tanda komplotan desa-desa di Maluku dari kelompok Siwa & Kelompok Lima. Siwa Lima mempunyai arti kita semua punya.

3. Desain rumah yang tidak berdinding mempunyai makna keterbukaan masyarakat Maluku terhadap segala perubahan.

Demikian Keunikan Rumah Adat Baileo Maluku dan Maluku Utara
KODE IKLAN 300x 250
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE IKLAN DFP 2
KODE IKLAN DFP 2