KODE IKLAN DFP 1 Cara Budidaya Ternak Belut Pada Air Jernih Higienis Tanpa Lumpur Untuk Pemula | Ruang Belajar siswa kelas 10

Cara Budidaya Ternak Belut Pada Air Jernih Higienis Tanpa Lumpur Untuk Pemula

KODE IKLAN 200x200
KODE IKLAN 336x280
Cara budidaya ternak Belut pada air jernih higienis tanpa lumpur untuk pemula Cara budidaya ternak Belut pada air jernih higienis tanpa lumpur untuk pemula
Cara budidaya ternak Belut pada air jernih higienis tanpa lumpur untuk pemula Cara budidaya ternak Belut pada air jernih higienis tanpa lumpur untuk pemula Cara budidaya ternak Belut pada air jernih higienis tanpa lumpur untuk pemula

Belut yaitu salah satu jenis ikan yang hidup pada air yang berlumpur, Belut  kaya akan kandungan gizi bila dikonsumsi. Rasa belut sangat gurih dan lezat di konsumsi dengan bumbu ataupun cuma di bakar dipenggorengan rasanya tetap enak.

Pada dikala ini undangan pasar akan konsumsi Belut meningkat dikarenakan  ,  minimnya jumlah para pembudidaya ternak ikan belut. beternak budidaya belut gampang-gampang susah namun bilamana dikerjakan dengan serius tentu akan menghasilkan pendapatan yang tidak mengecewakan besar

Banyak yang telah melaksanakan pembudidayaan belut mulai dari pembibitan hingga dengan budidaya pembesaran dengan memakai media berlumpur ataupun dengan media air bersih

Bagaimana cara membudidayakan belut pada air higienis , kali ini akan menyebarkan teknik cara budidaya belut pada air jernih higienis tanpa lumpur untuk pemula

Ada Beberapa Fator-faktor Yang Harus Kita perhatikan Dalam Budidaya Belut Di Air Bersih
antara lain :

Air 

Dalam Budidaya belut di air bersih, air yaitu faktor utama yang sangat kuat pada perkembangan belut. Jika air yang kita gunakan dalam budidaya belut tidak rutin di kontrol maka akan sangat menghipnotis pada perkembangan belut kita.

Air yang bagaimana yang layak dipakai Budidaya belut air bersih? air yang layak dipakai dalam budidaya belut di air higienis yaitu air yang jernih, mempunyai suhu antara 25-28 derajat C, air yang tidak mengandung zat-zat kimia berbahaya. Air yang kurang layak/tidak anggun untuk budidaya belut di air higienis air PDAM lantaran banyak mengandung zat-zat kimia (kaporit), air yang pribadi diambil dari sumur bur lantaran sangat minim kandungan oksigennya dan air limbah.

Usahakan dalam melaksanakan budidaya belut di air bersih, kolam harus ada sirkulasi air walau dengan debit yang sangat kecil (ada yang masuk dan ada yang keluar). Dengan adanya pedoman air kedalam kolam budidaya maka akan menambah kandungan oksigen didalamnya sehingga sangat kuat dalam untuk perkembangan serta pertumbuhan belut dan kita juga tidak terlalu repot untuk penggatian air.

Jika kolam budidaya belut tidak ada sirkulasi air dan pembuangan, air akan cepat kotor/keruh, maka kita harus sering mengganti air paling tidak selama 2 atau 3 hari sekali, tentunya kita akan sangat kerepotan bukan? Jika air sudah kotor/keruh (warna kuning kecoklatan) air harus segera kita ganti. tapi beda dengan kotoran yang mengendap didasar kolam, walau didasar kolam sudah terdapat endapan tapi airnya masih jernih, air masih layak kita gunakan, asal endapannya tidak terlalu tebal.

Pakan 

Pakan juga termasuk salah satu faktor yang sangat penting untuk perkembangan serta pertumbuhan belut. Berilah pakan secukup mungkin, usahakan jangan hingga kekurangan atau jangan hiperbola dan berilah pakan yang paling disukai belut, bila dalam donasi pakan pada belut terlalu banyak sanggup mengakibatkan air cepat kotor(karena sisa makanan) dan sanggup mengakibatkan effek negatif pada belut, sehingga belut praktis sakit dan usang kelamaan sanggup mengakibatkan kematian.

Jika donasi pakan pada belut kurang, maka sanggup mengakibatkan sifat kanibalisme pada belut kita dan kita juga akan rugi lantaran pertumbuhannya akan lama. Selama belut masih mau makan dengan pakan tersebut jangan beralih ke pakan yang lain secara total, kecuali belut mau makan dengan pakan yang kita berikan, bila belut tidak mau makan dengan pakan yang kita berikan, kembalilah kepakan yang sebelumnya.

Jenis-jenis pakan belut antara lain:

cacing lor, cacing merah, cacing lumbricus, ikan cere, ikan cithol, ikan guppy, anakan ikan mas, berudu (kecebong), lambung katak, keong mas/sawah, ulat hongkong dan masih banyak yang lainnya.

Bibit

Pemilihan bibit belut berkualitas yaitu salah satu faktor penting dalam memilih keberhasilan akal daya belut. Umumnya bibit belut yang ada dikala ini sebagian besar masih merupakan hasil tangkapan alam. Karena itu, teknik penangkapan bibit dari alam memilih kualitas bibit. Bibit yang ditangkap dengan cara alami memakai perangkap, menyerupai bubu, merupakan bibit yang cukup baik lantaran tidak mengalami perlakuan yang menurunkan kualitasnya.

Sebaliknya, bibit yang diperoleh dengan cara tidak baik menyerupai disetrum bukan termasuk bibit berkualitas. Pasalnya, bibit menyerupai ini pertumbuhannya tidak akan maksimal (kuntet). Lebih baik lagi bila bibit yang dipakai berasal dari hasil budidaya. Ukurannya akan lebih seragam dan jarang terjangkit penyakit menyerupai yang mungkin terjadi pada belut hasil tangkapan alam. Sayangnya, bibit belut hasil budidaya untuk dikala ini masih sangat sedikit.

Ada beberapa laba yang didapat dalam budidaya belut di air bersih, antara lain:

1.Mudah dalam pengontrolan, belut yang dibudidayakan dengan memakai air higienis lebih praktis dikontrol apabila terdapat belut yang mati.

2.Kepadatan bibit sanggup dimaksimalkan, dalam proses budidayanya belut yang dibudidayakan dengan air higienis sanggup menampung lebih banyak bibit ketimbang budidaya yang memakai lumpur.

3. Menurunkan tingkat kanibal pada belut, pada belut yang dibudidayakan di lumpur ketika belut telah mencapai usia cukup umur belut akan menandai tempat kekuasaannya apabila ada belut lain yang melanggar maka belut cukup umur tersebut tidak segan untuk membunuh belut lain tersebut.

Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan dalam budidaya belut di air higienis yaitu sebagai berikut:

1. Persiapan Kolam

Kolam budidaya belut yang kami anjurkan yaitu kolam yang terbuat dari terpal ataupun semen alasannya yaitu jenis kolam tersebut sanggup mempertahankan tingkat kejernihan air ketimbang jenis kolam tanah. Apabila kolam memakai terpal ukuran kolam yang akan dipakai sanggup menyesuaikan luas lahan.

Setelah kolam disiapkan tahap selanjutnya yaitu pengisian air kolam, bila tinggi kolam 1 meter maka ketinggian air maksimum yaitu 70-80 cmjangan taerlalu rendah dan terlalu tinggi dari itu. Setelah air disiapkan maka bibit belut sudah siap ditebar.

2. Pemilihan dan Penebaran Bibit Belut

Pemilihan bibit belut berkualitas harus mempunyai kriteria antara lain:
Bibit belut tidak mempunyai cacat/luka pada tubuh. Pilihlah bibit belut hasil pemijahan jangan pilih bibit hasil menangkap dialam bebas lantaran belut hasil budidaya akan lebih terjamin kualitasnya.

Bibit belut terlihat agresif, sifat garang yang ditunjukan belut pertanda bahwa belut tersebut sehat. pemilihan belut harus benar-benar selektif jangan pilih belut yang jarang bergerak hal itu mengindikasikan bahwa belut tersebut mempunyai bibit penyakit.

Ukuran bibit sama/seragam, keseragaman bibit belut penting diperhatikan biar mengurangi tingkat kanibalisme pada budidaya. Ukuran yang ideal untuk bibit belut yaitu 10-12 cm.
Setelah penyeleksian bibit dilakukan dan didapatkan bibit-bibit yang berkualitas bibit belut harus dikarantina terlebih dahulu.

Proses karantina bertujuan biar belut sanggup menyesuaikan diri pada kondisi air kolam lebih cepat. Proses karantina dilakukan dengan cara mengisi kolam dengan air kolam kemudian masukkan bibit belut kedalamnya. Berikan kuning telur yang dikocok terlebih dahulu sebagai asupan nutrisi bibit belut kemudian biarkan bibit belut selama 1 hari. penebaran benih sanggup dilakukan ketika bibit sudah tenang.



3. Perawatan Budidaya

-Pemberian Pakan

Kesuksesan dalam budidaya belut dipengaruhi besar pada pengelolaan pakannya. Pakan belut yang baik akan menghasilkan panen yang melimpah. Oleh lantaran itu dalam pengelolaan pakan harus memperlihatkan pakan yang berkualitas. Beberapa jenis pakan yang baik untuk belut antara lain cacing merah, cacing lumbricus, ikan kecil, keong emas, bekicot dan sebagainya. Pemberian pakan belut dilakukan 2 kali sehari.

2.Pengelolaan air

Lakukanlah pengelolaan air yang intensif biar kualitas belut sanggup terjaga. Kualitas air yang selalu jernih sanggup mengurangi dampak timbulnya penyakit yang sanggup menyerang belut. Lakukan pengecekan air setiap 2 kali seminggu. Apabila kolam budidaya telah terlihat keruh harus segera diganti dengan air yang jernih. Bersihkan sisa-sisa kuliner yang berada didasar kolam. Dalam pengelolaan air sanggup lebih baik lagi apabila dipasang alat sirkulasi air biar tetap menjaga kebersihan air kolam.

3.Saatnya pemanenan

Belut sudah sanggup dipanen ketika belut berumur 3-4 bulan sesudah penebaran benih. Pemanenan sanggup dilakukan dengan cara mengurangi volume air kolam hingga ketinggian 5-10cm biar belut lebih praktis ditangkap. Selanjutnya belut siap di packing dan di distribusikan ke pasar.

Demikian Cara budidaya ternak Belut pada air jernih higienis tanpa lumpur pemula
KODE IKLAN 300x 250
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE IKLAN DFP 2
KODE IKLAN DFP 2