KODE IKLAN DFP 1 Cara Gampang Memelihara Budidaya Ikan Mas Di Bak Terpal Untuk Pemula | Ruang Belajar siswa kelas 10

Cara Gampang Memelihara Budidaya Ikan Mas Di Bak Terpal Untuk Pemula

KODE IKLAN 200x200
KODE IKLAN 336x280
Cara gampang memelihara budidaya ikan mas di kolam terpal untuk pemula Cara gampang memelihara budidaya ikan mas di kolam terpal untuk pemula
Cara gampang memelihara budidaya ikan mas di kolam terpal untuk pemula Cara gampang memelihara budidaya ikan mas di kolam terpal untuk pemula Cara gampang memelihara budidaya ikan mas di kolam terpal untuk pemula

Ikan mas merupakan jenis ikan air tawar yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat indonesia. .

Ikan mas yaitu satu jenis ikan yang banyak dibudidayakan juga Ikan mas banyak dijadikan arena pancingan menjadi ikan tangkapan, terutama bagi pelaku yang hobbi mancing mania.

Khusus Di Indonesia, ikan mas mempunyai beberapa nama sebutan yakni ikan kancra, tikeu, tombro raja, rayo, ameh.

Banyak jenis ikan mas yang sering dibudidayakan di indonesia naum yang paling terkenal adalah "ikan mas punten" dan "ikan mas majalaya"

Usaha bisnis ternak budidaya ikan mas sangat menjanjikan lantaran pasar akan kebutuhan konsumsi ikan mas sangat tinggi.

Ada beberapa langkah dalam ternak budidaya ikan mas yang perlu diperhatikan

Persiapan kolam

Pada budidaya ikan mas kali ini yang akan dipakai yaitu jenis kolam tanah dengan dinding kolam yang sudah disemen. Untuk ukuran sendiri sanggup menyesuaikan luas lahan kawasan budidaya. Pada langkah awal persiapan kolam, kolam dikeringkan untuk membunuh sisa-sisa mikroorganisme yang merugikan menyerupai patogen, jamur dll.

Kolam dibiarkan kering selama 5-7 hari. kemudian sehabis itu dilakukan pengapuran untuk menyesuaikan tingkat keasaman air dan tanah pada kolam. Setelah dilakukan pengapuran, tahap berikutnya yaitu pemupukan. Pemupukan sanggup memakai kombinasi urea dan TSP serta pupuk organic sebagai pupuk dasar. Pemupukan dilakukan biar sanggup memperlihatkan kesempatan hidup bagi organisme tanah.

Pengisian air kolam

Setelah semua tahap diatas terpenuhi maka masuk ke tahap pengisian air kolam. Pertama isi air kolam hingga ketinggian 50 cm kemudian biarkan hingga 7 hari lamanya, hal ini bertujuan biar plankton sanggup tumbuh dan berkembang alasannya yaitu plankton dan mikroorganisme lainnya sanggup menjadi makanan alami bagi ikan mas.

Setelah 7 hari kemudian isi air lagi hingga ketinggian 120-150 cm. suhu air harus dijaga alasannya yaitu suhu air yang kurang baikk akan menjadikan banyak resiko bagi kehidupan ikan mas nantinya. Suhu air idela untuk ikan mas yaitu 15-18 derajat celcius. Suhu air yang berubah ubah  dipengaruhi oleh cahaya matahari, suhu udara, lokasi dan cuaca.


Penebaran benih

Waktu terbaik untuk menebarkan benih ikan yaitu jam 3-5 sore. Namun sebelum benih di tebar dilakukan proses pembiasaan terlebih dahulu dengan cara pindahkan benih kedalam kolam yang sudah  berisi air, kemudian biarkan selama 60menit. Setelah itu gres benih sanggup ditebar kekolam. Untuk ukuran benih diperlukan sama biar pertumbuhan ikan mas merata.

Pemilihan benih unggul

Ada beberapa ciri benih ikan mas yang unggul, yakni:

Ukuran benih yang akan ditebar sama/seragam
Benih ikan selalu bergerak aktif dan agresif
Mata cerah
Warna badan cerah


Pengelolaan pakan

Pemberian pakan dilakukan pada hari ke 3 sehabis penebaran benih. Pelet tidak diberikan pada hari  pertama dan ke 2 alasannya yaitu pada awal-awal masa penebaran masih banyak makanan alami yang terdapat pada kolam. Lalu sehabis hari ke 3 barulah sumbangan pakan pelet dilakukakan, pelet yang diberikan harus mengandung 20% protein 15% karbo dan 22% lemak. Pelet yang diberikan ke ikan sebelumnya harus direndam pada air hangat biar dikala dimakan oleh ikan pelet  tidak mengembang diperut.
Pemberian pakan dilakukan 3x sehari pagi , siang menjelang sore, dan malam hari.


Pengelolaan air

Pengelolaan air harus dilakukan dengan disiplin alasannya yaitu air harus diganti setiap 2 ahad sekali apabila tidak sempurna waktu akan banyak tumbuh bibit-bibit penyakit dikolam. Penggantian air dilakukakan dengan mengganti 1/3 air  kolam kemudian diisi kembali. pH air pun perlu terus diperhatikan biar pertumbuhan ikan mas tidak terganggu.


Panen

Ikan mas sanggup dipanen dikala beratnya sudah mencapai 300-400 gram/kg. untuk mencapai bobot tersebut membutuhkan waktu 90-120 hari.


Demikian Cara gampang memelihara budidaya ikan mas di kolam terpal untuk pemula
KODE IKLAN 300x 250
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE IKLAN DFP 2
KODE IKLAN DFP 2